KOLESTEROL merupakan satu masalah kesehatan yang cukup serius belakangan ini dan membuat orang harus membatasi apa saja yang bisa dimakan.

Banyak orang mengatakan, pola makan yang sehat adalah cara utama menyegah timbulnya kolesterol jahat dalam tubuh. “Memperbanyak makan buah dan sayur adalah salah satu cara menjaga tingkat kolesterol tetap dalam kondisi normal,” tutur Lisa Dorfman, ahli gizi sekaligus pembicara untuk American Dietetic Association.

“Dengan mengonsumsi makanan yang benar dan disiplin tinggi dapat membuat kolesterol jahat dalam tubuh berkurang dan meningkatkan kolesterol baik,” tambahnya.

Seperti dikutip dari koran Times of India, berikut beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolestrol jahat di dalah tubuh.

Salmon

Kaya akan asam lemak omega-3, salmon membantu menjaga kesehatan jantung dan menyegahnya terkena serangan jantung dan stroke, sekaligus menjaga kadar kolesterol dalam darah. Ikan-ikan yang memiliki omega-3 seperti salmon, sarden dan herring bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik hingga 4 persen.

Oats

Ganti sarapan roti tawar Anda dengan oats. Dua cangkir oats bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 5,3 persen hanya dalam enam pekan. Oats mengandung zat yang disebut beta-glucan yang berfungsi seperti spons; menyerap kolesterol jahat.

Teh

Teh memiliki antioksidan lebih banyak dan kafein lebih sedikit dibandingkan dengan kopi. Dalam satu cangkir teh, hanya terdapat 30 hingga 40 mg kafein, sedangkan kopi mencapai 135mg. Teh membantu melindungi tulang karena kandungan phytochemicals. Zat ini juga sangat baik sebagai pertahanan terhadap tingkat kolesterol jahat.

Almond

Berdasarkan hasil studi, mengonsumsi seperempat cangkir almond sehari dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) hingga 4.4%. Menurut Leslie Bonci (Director of sports nutrition di University of Pittsburgh Medical Center), dengan mengonsumsi kacang-kacangan khususnya almond sangat baik karena kandungan lemak tidak jenuh tunggal almond jauh lebih baik dibandingkan dengan cemilan rendah lemak seperti pretzel.

Tentu saja, kalori yang terkandung pun cukup tinggi, sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedikit dan sajikan dengan cara disangrai tanpa menggunakan minyak.

Red wine

Segelas red wine atau anggur merah ternyata mengandung flavanols, yang terbukti sebagai anti-inflammatory atau peradangan yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga menjaga jantung Anda. “Tapi tentu saja minum red wine ini dengan sedikit aturan, untuk wanita sebaiknya satu gelas sehari dan untuk pria dua gelas. Lebih dari itu justru bukan manfaat yang didapat,” tutur Bonci.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti polong atau kacang merah sangat baik untuk jantung. Setengah cangkir biji-bijian yang ditambahkan dalam diet harian Anda (sebagai tambahan pada sup atau sayur) akan membantu menurunkan level kolesterol jahat hingga 8%.