DANAU Baskunchak merupakan danau garam dengan berbagai ukuran terbesar di beberapa tempat di Rusia dan Kazakhstan.

Seperti dikutip dari situs Eosnap, danau ini merupakan sebuah danau berair asin berukuran luas 115 kilometer persegi di kawasan Astrakhan Oblast, Russia.

Lokasi Baskunchak berada di sekitar 270 kilometer utara Laut Kaspia dan 53 kilometer ke arah timur Volga, sungai terbesar di Eropa.

Baskunchak bukanlah danau asin terbesar di negeri itu. Rusia masih punya Danau Elton di kawasan Volgograd Oblast, Rusia, dekat perbatasan Kazakhstan.

Danau Elton memiliki luas 150 kilometer persegi dan memiliki kedalaman 30 sampai 60 sentimeter.

Meski demikian, Baskunchak merupakan danau asin dengan kadar garam tertinggi di dunia. Danau itu juga memasok 80 persen dari total produksi garam Rusia.

Salinitas air di danau itu mencapai 300 g/l (gram per liter). Dari penelitian, garam di danau itu juga sangat murni, mencapai 99,8% NaCl. Tergantung kebutuhan, sekitar 1,5 sampai 5 juta ton garam dikeruk dari danau itu per tahun.

Air yang ada di Baskunchak berasal dari sungai yang mengalir. Adapun ketinggian permukaan danau itu berada di 21 meter di bawah permukaan laut. Sejak 1997, kawasan Danau Baskunchak dilindungi ketat sebagai cagar alam.

Pada bagian selatan danau itu terdapat ‘Gunung’ Bolshoye Bogdo. Gunung ini memiliki ketinggian 150 meter di atas permukaan laut dan menjadi dataran tertinggi di kawasan cekungan Kaspia.

Akibat penumpukan garam, gunung Bolshoye Bogdo juga bertambah tinggi hingga satu milimeter per tahun. Bagi warga Kalmyk yang tinggal di sekitarnya, gunung ini merupakan tanah suci.