Selasa, 3 Januari 2012 13:02 wib, Septian Pamungkas – Okezone

detail berita

F: Esemka Rajawali (Genta Wahyu/Okezone)

JAKARTA – Sukses dengan Sport Utility Vehicle (SUV) Esemka Rajawali yang dijadikan mobil dinas Walikota Solo Joko Widodo, SMK 2 Surakarta terus mengembangkan model baru. Sedikitnya ada dua model yang kini sedang dikembangkan.

“Saat ini kami sedang kembangkan model double cabin yang kami beri nama Esemka Digdaya. Mesin yang digunakan sama dengan Esemka Rajawali.” ungkap Budimartono, guru Pembimbing SMK 2 Surakarta saat dihubungi Okezone, Selasa (3/1/2012).

Seperti diketahui Esemka Rajawali menggunakan mesin pabrikan Kia yang dahulu digunakan pada sedan Timor. Mesin empat silinder dengan sistem bahan bakar injeksi ini berkapasitas 1.500cc. Mesin ini mampu memproduksi 105 tenaga kuda pada putaran mesin 5.500 rpm.

Lebih lanjut Budimartono mengungkapkan, “Selain itu kami juga sedang menyiapkan mini truk yang rencananya kami akan namai Esemka Rosa. Sabtu (7/1/2012) besok rencananya masuk assembling. Mungkin selesai dalam tiga atau empat hari,” ujar pria ramah ini.

Saat ditanya apakah mobil SMK 2 Surakarta sudah banyak peminat, guru Teknik Kendaraan Ringan SMK 2 Surakarta dengan tegas menyangkalnya. “Jadi untuk saat ini kami tidak menjual, itu hanya prototipe. Sebagai bahan belajar siswa,” jelasnya.

“Kami buat tiga prototipe (Esemka Rajawali), dua untuk Pak Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota dan satu lagi ada di SMK.” tutupnya.